Selasa, 13 Maret 2012

Apa itu Biografi ?

Pernah mendengar kata istilah Biografi. kebanyakan orang berpikir dan mengemuakan bahwa biografi adalah sebuah buku yang mengisahkan riwayat hidup/ perjalanan seseorang dari lahir sampai mati. misalnya biografi tokoh-tokoh penting, contohnya biografi Hellen Keller yang menceritakan kisah kehidupan Hellen Keller yang seorang wanita penyandang bisu dan tuli di Amerika.
     
Biografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu bios berarti hidup dan graphien berarti tulis. Jadi, pengertian biografi adalah tulisan tentang kehidupan seseorang. Biografi secara sederhana dikatakan memuat kisah kehidupan/ riwayat hidup seseorang. Biografi bisa dalam berbentuk teks, bahkan ada yang juga dalam bentuk buku dan film.

Perbedaannya adalah, biografi singkat hanya memaparkan tentang fakta-fakta dari kehidupan seseorang dan peran pentingnya sementara biografi yang panjang meliputi, tentunya, informasi-informasi penting namun dikisahkan dengan lebih mendetail dan tentunya dituliskan dengan gaya bercerita yang baik.

Biografi menganalisa dan menerangkan kejadian-kejadian dalam hidup seseorang. Lewat biografi, akan ditemukan hubungan, keterangan arti dari tindakan tertentu atau misteri yang melingkupi hidup seseorang, serta penjelasan mengenai tindakan dan perilaku hidupnya. Biografi biasanya dapat bercerita tentang kehidupan seorang tokoh terkenal atau tidak terkenal, namun demikian, biografi tentang orang biasa akan menceritakan mengenai satu atau lebih tempat atau masa tertentu.

Biografi seringkali bercerita mengenai seorang tokoh sejarah, namun tak jarang juga tentang orang yang masih hidup. Banyak biografi ditulis secara kronologis. Beberapa periode waktu tersebut dapat dikelompokkan berdasar tema-tema utama tertentu (misalnya "masa-masa awal yang susah" atau "ambisi dan pencapaian"). Walau begitu, beberapa yang lain berfokus pada topik-topik atau pencapaian tertentu.

Biografi memerlukan bahan-bahan utama dan bahan pendukung. Bahan utama dapat berupa benda-benda seperti surat-surat, buku harian, atau kliping koran. Sedangkan bahan-bahan pendukung biasanya berupa biografi lain, buku-buku referensi atau sejarah yang memaparkan peranan subyek biografi itu.

Biografi adalah suatu kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang yang bersumber pada subjek rekaan (non-fiction / kisah nyata). Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar tangga lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang,tetapi juga menceritakan tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut yang menonjolkan perbedaan perwatakan termasuk pengalaman pribadi.

Secara garis besar biografi dibagi berdasarkan penulisnya :

      1. Autobiografi, biografi yang ditulis penulis diri sendiri. Autobiografi itu menceritakan kisah  kehidupan diri sendiri.

      2. Biografi, yang ditulis orang lain bukan diri sendiri. Biografi itu menceritakan kisah kehidupan tokoh penting/ orang lain.     

Kalian suka membaca biografi ?? Yap, membaca biografi jelas ada manfaat bagi kalian diantaranya, dapat memotivasi diri kalian sendiri dan memberikan banyak inspirasi buat kalian.
Ayoo.. mulai sekarang kita baca biografi tokoh-tokoh favorit kalian sesuai minat dan karakter kalian. Semoga biografi yang kalian baca dapat melahirkan semangat dan motivasi luar biasa bagi kalian.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...