Senin, 08 Juli 2013

[Enjoy Jakarta] Menikmati Keindahan Laut di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu

Berwisata ke Kepulauan seribu merupakan pengalaman yang takkan terlupakan dan menarik sekaligus sebagai tempat yang jauh dari keramaian untuk menghilangkan kepenatan akibat sibuk berbagai kegiatan yang terbebani. Kepulauan Seribu merupakan salah satu tempatnya. Kepulauan Seribu berada di wilayah utara Jakarta dan termasuk bagian dari wilayah DKI Jakarta. Terdapat empat pulau besar di kepulauan Seribu, yaitu pulau Tidung, pulau Pramuka, pulau Harapan, dan pulau Pari serta pulau-pulau kecil lainnya. Salah satu tempat wisata di Kepulauan Seribu yang menarik dikunjungi yaitu, pulau Pramuka. pulau Pramuka yang terkenal dengan keindahan laut dan pelestarian keanekaragaman hayati biota laut dan mangrove.

Saya diajak berwisata ke Kepulauan Seribu bersama ayah dan adik-adikku. Perjalanan menuju ke Kepulauan Seribu dimulai dari dermaga Marina di Ancol dan membeli tiket naik yacht yaitu  kapal layar ringan dan cepat dengan 4 orang yaitu aku, ayah, dan dua adikku harganya 1 juta rupiah. Naik kapal yacht dari dermaga Marina Ancol menuju ke pulau Pramuka, Kepulauan Seribu hanya sekitar 2 jam.

Sesampainya di Pulau Pramuka, saya disambut papan bertuliskan “PRAMUKA CYBER ISLAND” dan pertama kali menginjakan kaki di Pulau Pramuka dan terpesona oleh keindahan laut yang menggelilingi pulau Pramuka dan beberapa pulau kecil di sekitar Pulau Pramuka. Lautnya bersih dan warna biru serta banyak keanekaragaman hayati yang unik hidup di laut. Laut di sekitar tepi pulau Pramuka dangkal sehingga dapat melihat bermacam-macam batu koral, rumput laut, dan ikan-ikan kecil yang lucu dan unik berenang ke sana mari serta banyak kapal nelayan yang biasanya digunakan sebagai transportasi angkutan umum sederhana yang mengangkut penumpang dari satu pulau ke pulau lain.

Pintu Masuk Utama Pulau Pramuka
Selamat Datang di Pulau Pramuka
Taman Miniatur Ekosistem Laut Dangkal di Pulau Pramuka
Peta Kepulauan Seribu
kapal-kapal nelayan sebagai sarana transportasi umum 

antar pulau ini parkir di  Pulau Pramuka

Setelah mengamati-amati keindahan dan kehidupan di Pulau Pramuka, saya naik kapal angkutan umum menuju ke tempat penangkaran biota laut dan restoran aneka makanan laut. Dari Pulau Pramuka ke tempat penangkaran hanya sekitar 15 menit dan harganya 10 ribu. Setelah sampai di tempat tujuan, saya terpesona oleh pemandangan laut dan pulau-pulau kecil yang indah di sekitar tempat itu serta berangin sejuk, adem, dan segar

ujung timur pulau Pramuka
Tempat penangkaran biota laut

kapal besar sedang melintasi pulau-pulau
dari tempat penangkaran, kita bisa melihat pulau Pramuka dari jauh

Tempat penangkaran dan restoran itu berada di atas laut dangkal lengkap dengan jalan setapak terbuat dari kayu. Sambil menunggu pesanan makanan datang yang sudah dipesan, saya berkeliling di sekitar tempat penangkaran biota laut, saya dapat melihat aneka jenis biota laut yang unik dan menarik yaitu kepiting hijau, bulu babi, keong laut, ikan-ikan kecil, cumi-cumi, ikan hiu, ikan tuna raksasa, ikan tongkol, bahkan ikan napoleon. Beberapa tanaman bakau juga ditanam di sana. Selain itu, saya dapat menikmati pesona keindahan laut di sekitarnya dan menghirup udara laut yang hangat, bersih, sejuk dan segar serta berangin. Laut di sekitarnya dangkal dan sangat bersih, saya dapat melihat pasir berwarna putih dan air permukaannya berombak-ombak dan indah tertempa sinar matahari.

restoran ini berada di atas laut
Suasana di dalam restoran
pemandangan indah di luar restoran
ikan-ikan kecil nan lucu ini berenang di sana mari 
mau ke mana, kepiting ?
ada dua jenis hiu berenang di tempat penangkaran
keong laut dengan cangkang yang unik
cumi-cumi hasil pancingan 
beberapa tanaman mangrove ditanam di tempat penangkaran
pasir putih kelihatan yaa, indah sekali air permukaan laut
tertempa sinar matahari
laut di sekitarnya bersih dan biru
Akhirnya pesanan makanan sudah datang, ada 4 makanan aneka laut yang dipesan yaitu gulali ikan, bandeng cabut duri bakar, capcay seafood, dan cumi-cumi tepung goreng. Saya menyantap makanan itu dengan lahap. Rasanya enak, gurih, dan mantap di lidah. Makan di atas laut sambil memandangi suasana pemandangan laut di sekitarnya rasanya luar biasa. Setelah makan, saya menunggu kapal angkutan umum yang mampir ke tempat kami yang berada. Sembari sambil menunggu kedatangan kapal, kami menikmati pemandangan laut dan pulau-pulau kecil yang indah dan menghirup hembusan angin laut yang segar sekali lagi.

anek jenis makanan laut yang lezat dan goyang di lidah
makan di atas laut rasanya luar biasa
kapal parkir di depan restoran lagi menunggu penumpang
pulau kecil kelihatan dari jauh
Aku dan adikku lagi menikmati keindahan laut.
chesee, jepret!

Akhirnya kapal datang ke tempat kami berada, lalu kami diantar ke pulau Pramuka lagi. Sesampainya di pulau Pramuka, kami mencari tempat homestay untuk istirahat sementara hanya sehari. Kami menemukan homestay di rumah salah satu warga di pulau Pramuka yang sudah terlebih dahulu disewa oleh teman ayah saya. Kami pun beristirahat sementara. selain beristirahat di homestay, saya dapat menitipkan tas bawaan di homestay.

Setelah menitipkan tas bawaan di dalam kamar di homestay, saya bersama ayah dan adik-adikku menuju ke pantai. Sesampainya di pantai, saya lagi-lagi terpesona oleh keindahan pemandangan pantai pulau Pramuka. Saya bersama adik bungsuku jalan-jalan ke bagian barat pulau Pramuka. Di pulau Pramuka bagian barat ada kumpulan tanaman bakau yan ditanam, lautnya dangkal sehingga dapat berjalan-jalan di atas pasir, dan melihat rumput-rumput laut warna hijau hidup di dalam laut dangkal.     

tanaman bakau tumbuh berderetan dengan rapi
di bagian barat pulau Pramuka
kelihatan rumput-rumput laut dan pasir putih di laut dangkal
batu-batu koral kecil bertebaran di sepanjang pantai pulau Pramuka

Setelah puas menikmati keindahan pantai bagian barat pulau Pramuka, saya minum air kelapa segar sambil menikmati pemandangan laut yang ada di depan mata saya sekali lagi. Saya dan adik-adikku balik ke homestay dan menunggu ayah lagi pergi memancing bersama teman-teman ayah saya di homestay. Ayah kembali ke homestay dengan oleh-oleh banyak jenis ikan hasil tangkapannya, di antaranya yaitu ikan kerapu dan ikan tuna ditaruh di dalam kotak tertutup yang terbuat dari gabus putih.

slurrppp... kenyang
pulau kecil yang indah terlihat dari jauh
anak-anak sedang bermain di pantai pulau Pramuka

Tak terasa sudah menunjukkan jam 3 sore, kami bersiap-siap pulang ke Jakarta. Kami menuju ke dermaga Marina Ancol naik kapal yacht yang sama sebelumnya. Saat di tengah perjalanan pulang naik kapal yacht, saya duduk di kabin luar jadi saya dapat menikmati pemandangan laut yang indah, merasakan cipratan ombak air laut, dan melihat kapal-kapal yang melintasi kapal yacht yang saya tumpangi.


dilihat dari belakang kapal yacht
deburan ombak air laut

Keindahan di Kepulauan Seribu merupakan daya tarik wisata andalan di Indonesia, khusunya di Jakarta sangat menarik dikunjungi. Liburan berwisata ke pulau Pramuka di Kepulauan Seribu penuh kesan dan pengalaman yang menyenyakan dan takkan terlupakan. Sangat menyenyakan dapat kesempatan bisa berwisata ke Kepulauan Seribu. Tempat-tempat wisata yang indah di Kepulauan Seribu tak kalah menarik dengan tempat-tempat wisata di luar negeri. Yuk liburan berwisata ke Kepulauan Seribu! 



15 komentar:

  1. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    BalasHapus
  2. oke terima kasih ya atas infonya

    BalasHapus
  3. pemandangan yang indah di puau pramuka dengan kulinernya yang khas untuk wisatwan yang berkunjung ke sana. Jadi kepengen nih untuk kesana.

    Salam wisata

    BalasHapus
  4. wah fotonya sayang kurang gede sis :)
    salam kenal yah http://dzulfikaralala.wordpress.com/2013/07/17/enjoy-jakarta-pulau-pari-mutiara-kepulauan-seribu-yang-berkilau/

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya hehehe
      terima kasih atas saran dan informasi link yang bermanfaat

      salam kenal ya
      *maaf baru balas :)

      Hapus
  5. nice post, nisa. I wish I could go there someday :) if u hv time, visit mine too ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank you so much :)
      I hope you can go Seribu Islands someday

      Hapus
  6. pulau harapan juga keren loh sist

    www.antinaprianti.wordpress.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip hehe terima kasih atas infonya
      follow blog aku ini ya, aku sudah follow blog kamu :)
      makasih ya

      Hapus
  7. Asik banget ya kayaknya!
    Lagi berencana liburan ke pulau seribu, tetapi pengennya sih nginep.
    moga-moga dalam waktu dekat bisa berlibur kesana =D

    anyway, love your blog design!

    High Five!
    Born To Bite

    BalasHapus
  8. Kayaknya seru ya kesana buat ngelepas stress haha..
    Kalo solo travelling ke sana itu enaknya pake eo atau ga perlu ya (alias backpack) Mendingan ke sini atau ke Jogja aja ya? :)
    Minta saran dooong

    BalasHapus
  9. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus
  10. ada rekomen nih agen travel nya ParadisoTraveling.com

    BalasHapus
  11. Mas, saya ikutan komen ya, kebetulan ada nih jasa Dekorasi Semarang yang menawarkan berbagai desain dan konsep terbaru, sehingga hasilnya lebih mempesona, dijamin murah.

    Dekorasi Pernikahan Semarang kali ini lebih ke konsep internasional, namun ada konsep tradisional dan rustic.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...