Sabtu, 18 Januari 2014

[Kuliner Daihatsu] Menikmati Sensasi Pedas Ikan Bakar Dabu-Dabu Liang Manado

Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang heterogen tersebar ke seluruh daerah di wilayah negara Indonesia pada aspek adat istiadat, arsitek bangunan, karya seni kerajinan (cinderamata), kekayaan alam, dan aneka kuliner bercita rasa yang unik dan tak tertandingi.

Di Indonesia terdapat bermacam-macam makanan khas sesuai kebudayaan khas daerah setempat, termasuk aneka jenis macam-macam sambal buatan memiliki ciri khas di daerah masing-masing. Salah satunya, sambal olahan dari Manado adalah Dabu-Dabu Liang khas Manado yang dituangkan di atas ikan bakar. 

sumber : resepmasakanindonesia-1.blogspot.com


sumber : http://www.eresep.com/4512/10/resep-masakan-Dabu-dabu-recipes/

Ikan Bakar Dabu-Dabu Liang adalah makanan olahan khas daerah Manado yang terdiri dari ikan Tongkol ataupun jenis ikan yang diinginkan itu dibakar dengan sambal Dabu-Dabu Liang sebagai pelengkap sajian ikan bakar yang terlihat lezat, memiliki rasa sensasi pedas yang luar biasa dan menggiurkan bagi pecinta kuliner yang menyukai makanan pedas dan kaya cita rasa. 



sumbe r: http://dentistvschef.wordpress.com/tag/aneka-resep-sambal/

Dari mana asal usul makanan kuliner ikan bakar Dabu-Dabu Liang ? Mari kita telusuri asal-usulnya. Ikan bakar Dabu-Dabu Liang adalah makanan yang berasal dari desa Liang, kecamatan Kema Minut, kabupaten Minahasa Utara, Manado, provinsi Sulawesi Utara.   

Desa Liang yang terletak di pesisir pantai timur Sulawesi Utara yang berpenduduk sekitar 400 kepala keluarga dengan mata pencaharian nelayan, petani dan sedikitnya pegawai negeri sipil. Dilihat secara geografis desa Liang terletak di pesisir dan kebanyakan penduduk desa beprofesi nelayan yang dapat menangkap ikan di laut. 

Dengan adanya ikan hasil tangkapan dari laut berlimpah, penduduk setempat mengolah ikan tersebut dengan cara membakar ikan dibumbui dengan campuran mentega dan kecap serta membuat sambal Dabu-Dabu sebagai pelengkap dituangkan di atas hidangan kuliner bernama Ikan Bakar Dabu-Dabu Liang yang menjadi andalan kuliner di Manado. 

Dabu-Dabu Liang adalah bentuk sambal yang merupakan perpaduan dari beberapa bahan yaitu, cabe rawit, bawang merah, tomat, daun kemangi, dan penyedap rasa.  Tidak seperti sambal olahan lainnya yang ada, sambal Dabu-Dabu memiliki tampilan unik dan menarik. Hal yang membedakan antara sambal olahan lain dengan sambal Dabu-Dabu yakni, sambal Dabu-Dabu yang diolah dengan hanya mengiris-iris beberapa bahan bumbu dapur saja kemudian dicampurkan menjadi satu. Sedangkan sambal olahan lainnya yang bahan bumbu dapur hanya diulek atau diblender menjadi bentuk yang halus. Terlebih lagi, sambal Dabu-Dabu Liang tak kalah pedas dengan sambal olahan daerah lainnya.

Ikan Bakar dengan sambal Dabu-Dabu Liang dengan bahan ikan hasil tangkapan dari laut memiliki cita rasa yang enak dan unik serta tampilannya terlihat lezat dan menggiurkan. Siapapun yang makan ikan bakar Dabu-Dabu Liang akan merasakan sensai pedas yang luar biasa di lidah dan pasti akan mau makan lagi sampai perut terasa kenyang. Ini sangat luar biasa dan fantasis !!! 


Bagi pecinta kuliner, ayo berburu makanan ikan bakar Dabu-Dabu Liang khas Manado untuk mencicipi rasa ikan bakar dan merasakan sensasi pedas sambal Dabu-Dabu yang luar biasa ! 


Sumber :

 http://www.manadotoday.com/desa-lilang-dan-dabu-dabu-lilang/7731.html

http://www.vemale.com/kuliner/resep-makanan/13897-dabu-dabu-lilang.html













3 komentar:

  1. waduh makanannya bikin laper nis malem malem gini... :D
    pesen 1 dong dibawa ke citayem ya.. :D

    BalasHapus
  2. Melihat ikan dabu-dabu ini jadi ingin makan. he,, he,, he,,,
    Sukses ya Nisa untuk lombanya.

    Salam

    BalasHapus
  3. masakan yang sepertinya lezat.
    salam kenal nisa.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...